Rabu, 17 Juni 2020

Kelebihan Dari SD WAN



SD WAN ialah kependekan dari software-defined wide zona network ialah jaringan zona luas yang ditentukan perangkat lunak yang memanfaatkan bagian perangkat lunak untuk mengatur operasi jaringan. Perangkat lunak manajemen khusus memvirtualisasikan perangkat keras jaringan dengan cara yang sama seperti hypervisors dan bagian lain memvirtualisasikan operasi pusat data. SD WAN ialah sebuah teknik untuk mengaplikasikan perangkat lunak untuk membuat jaringan zona luas (wide zona network) lebih cerdas dan fleksibel. Sebenarnya apa kegunaan dari SD WAN ini? Berdasarkan artikel yang dimuat di Technopedia, SD WAN bisa membantu jaringan zona luas untuk menangani lalu lintas jaringan dengan protokol tertentu, sambil menyediakan antarmuka yang intuitif bagi pengguna. Tidak hanya itu, SD WAN juga bisa menyokong fitur seperti firewall, gateway, dan alat jaringan pribadi virtual untuk privasi. Selain itu, SD WAN juga bisa membantu redundansi, per cadangan dan pemulihan, serta pemecahan keadaan sulit.

Kenapa SD WAN ini penting? Dikarenakan SD WAN bisa mengatasi keadaan sulit yang kerap terjadi di IT organisasi seperti downtime yang bisa memberi dampak reputasi dan garis bawah. Seandainya telah seperti ini, maka diperlukan solusi IT yang gesit, fleksibel, dan bisa menghemat tarif. Dengan adanya SD WAN, keadaan sulit hal yang demikian di atas bisa dipecahkan dengan pendekatan baru yang juga membawa skala dan keamanan perusahaan. Itu sebabnya SD-WAN menjadi salah satu solusi jaringan paling populer yang tersedia ketika ini.

Manfaat SD WAN

Ada 5 Kelebihan atau keunggulan SD WAN yang bisa diperoleh seperti dikutip dari artikel yang diterbitkan oleh Forcepoint berikut ini :

Tarif Konektifitas Lebih Rendah
Keunggulan pertama dari SD-WAN ini ialah bisa mengurangi tarif operasional yang sedang berlangsung dengan beralih ke jalur MPLS (Multiprotocol Label Switching) yang mahal ke broadband komoditi seperti serat, kabel, DSL, atau malah teknologi seluler.

Performa Lebih Tinggi untuk Cloud
Keunggulan selanjutnya ialah dengan SD-WAN, jalur baru bisa ditambahkan dengan cepat dan mudah ke website yang membutuhkan kapasitas yang lebih. Dengan mengaitkan website-website secara langsung ke dunia online, SD-WAN mengurangi hambatan dan penundaan yang lazim terjadi pada WAN yang lebih lama.

Beberapa Ketahanan Link (Multiple Link Resilience)
Lingkungan WAN tradisional biasanya memiliki satu link jaringan yang masuk ke tiap-tiap lokasi. Dengan SD-WAN, banyak link dari ISP yang berbeda bisa digunakan, menghilangkan satu titik kegagalan yang bisa menjatuhkan jaringan.

Ketangkasan Lebih Tinggi
Ketika Anda membuka kantor cabang baru, waktu ialah uang. SD-WAN memungkinkan Anda untuk mengatur jaringan yang andal dan aman dengan cepat, mengaplikasikan ISP mana saja yang paling layak untuk tiap-tiap lokasi.

Optimized Use of Resources
SD-WAN memungkinkan Anda untuk memastikan aplikasi utama secara cerdas ke berbagai-ragam link, termasuk jalur internal dan koneksi Dunia, memberikan jaminan Kualitas Layanan (QoS) yang berbeda untuk masing-masingnya. memungkinkan Anda mengaplikasikan sumber energi yang pas dalam tiap-tiap keadaan untuk memaksimalkan daya kerja dan produktivitas sambil meminimalkan tarif.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►